Minggu, 17 Juni 2012

Type Badan Manusia


ECTOMORPH, MESOMORPH, ENDOMORPH



Assalamu Alaikum, ..
Sebelum memulai latihan, ada baiknya kita mengetahui karakter dari badan kita yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan tiap karakter badan, memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam menciptakan bentuk badan seseorang. Untuk itu saya mencoba mengangkat sebuah topik yang bersumber dari website www.2buildmusclefast.com.




Tipical badan seseorang memiliki karakteristik yang berbeda. Type-type tersebut yaitu: Ectomorph, Mesomorph dan Endomorph. Ciri-ciri dari masing-masing type tersebut adalah:
1.    Ectomorph
·      Berbadan kurus
·      Lebih sulit untuk menambah berat badan,namun bukan berarti tidak mungkin.
·      Dada yang rata
·      Ramping
·      Massa otot yang ringan
·      Bagian bahu yang kecil
·      Lebih memakan waktu untuk mendapatkan massa otot
Badan Ectomorph yang terlalu kurus merupakan badan halus dan rapuh. Tulang yang ringan, sendi yang kecil, dan otot pun sedikit. Anggota badannya relative panjang, biasanya secara postural memiliki bahu terkulai. Untuk seseorang dengan type badan seperti ini, tidak secara natural memiliki tenaga yang besar. Untuk itu diperlukan kerja keras supaya bisa meningkatkan setiap penambahan massa dan kekuatan otot.  
Ciri-ciri lain badan Ectomorph adalah jari-jari tangan dan kaki yang panjang, dan leher yang panjang, sudut muka yang lancip. Fitur dari wajah yang tajam, dan bentuk wajah segitga. Kulit cenderung mudah terbakar. Biasanya badan Ectomorph tidak tahan suhu udara yang terlalu dingin dan juga terlalu panas. Rambut halus dan tumbuh dengan cepat dan kadang-kadang sulit untuk tetap di tempat.
2.    Mesomorph
·      Atletis
·      Badan yang keras
·      Ramping seperti bentuk gelas/thumbler untuk perempuan
·      Badan bidang untuk laki-laki
·      Massa otot yang cukup besar
·      Berotot, kekar
·      Posture yang bagus
·      Mudah sekali membentuk otot
·      Mudah juga mendapat lemak dibanding Ectomorph
·      Lapisan kulit yang tebal
Mesomorph memiliki otot yang terdefinisi dan tulang yang besar. Perut cenderung ramping disertai batang tubuh yang meruncing di bagian pinggang. Bentuk wajah terdefinisi jelas, tulang pipi dan rahang cenderung berbentuk persegi. Wajah panjang dan luas, dan bilik dalam bentuk. Lengan dan kaki dikembangkan dan bahkan digit tangan yang berotot. Kulit dari mesomorph tebal dan kulit cokelat mesomorph baik. Rambut berat di tekstur.
3.    Endomorph
·      Tubuh lunak/empuk
·      Otot yang tidak terlalu banyak
·      Kecenderungan bentuk badan bulat
·      Berat Badan yang sulit diturunkan, tapi juga bukan tidak mungkin
·      Lebih gampang mendapatkan serat otot seperti halnya mesomorph
Badan endomorph memiliki karakter bulat dan lunak. Secara fisik, dan dikarenakan bulat, besarnya badan akan terkonsentrasi pada bagian batang tubuh terutama perut. Kulit lembut dan halus, begitu juga dengan rambut,halus.
Tubuh endomorph ekstrim bulat dan lembut. Fisik menyajikan ilusi bahwa banyak massa telah terkonsentrasi di daerah perut. Hal ini mungkin atau mungkin tidak benar. Lengan dan kaki dari endomorph ekstrim pendek panjang dan lancip. Hal ini dapat memberikan penampilan stalkiness. Tangan dan kaki endomorph relatif kecil, dan lengan atas dan paha sering lebih berkembang daripada bagian bawah lengan atau kaki. Tubuh memiliki pinggang tinggi.
                                                   
Yang perlu Anda ketahui adalah:
Sangat sering, orang tidak dapat dengan mudah digolongkan sebagai salah satu dari tiga tipe tubuh tersebut. Meskipun ada beberapa orang yang murni ectomorphs, endomorphs, atau mesomorphs dengan karakteristik sedikit atau tidak dari jenis tubuh lainnya, sangat sering, orang jatuh ke dalam kategori campuran, seperti ecto mesomorphs, atau endo mesomorphs, di mana sebagian besar, mereka seperti mesomoph, tetapi dengan ciri-ciri dari ectomorph (seperti sendi kecil atau pinggang trim), atau ciri-ciri dari endomorph (seperti kecenderungan untuk mendapatkan lemak dengan mudah). Oleh karena itu Saya tekankan, janganlah tergesa-gesa menyimpulkan bahwa mencapai goal itu susah. Tetaplah bangun motivasi Anda untuk tetap melakukan proses pencapaian goal Anda.
Semoga Bermanfaat
Wassalamu Alaikum, ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar